Yuk Kenali, Cara Mengendarai Mobil Listrik hingga Tips Mengoperasikannya yang Benar

by -278 Views
Cara Mengendarai Mobil Listrik

Mobil listrik tengah populer saat ini di seluruh kalangan masyarakat karena banyak yang menganggap mobil listrik sebagai kendaraan masa depan. Tidak heran jika orang-orang mengincar mobil jenis ini, namun Anda harus tahu cara mengendarai mobil listrik terlebih dahulu.

Seiring berkembangnya teknologi, maka semakin banyak pula teknologi canggih yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya motor dan mobil listrik yang sudah hadir di Indonesia dengan berbagai merek serta menawarkan fitur lengkap bagi pemilik.

Cara Mengendarai Mobil Listrik

Kehadiran mobil listrik di tanah air tentu sangat menarik hingga membuat orang-orang merasa penasaran dengan mobil tersebut. Bahkan banyak yang penasaran dengan cara mengendarai mobil elektrik yang mudah dan benar agar tidak terjadi hal yang buruk.

Mengendarai mobil listrik tidak sulit jika sudah bosa mengendarai mobil konvensional sehingga sebagian besar sama. Jika ingin belajar mengendarai mobil elektrik ini, maka Anda bisa memperhatikan cara-cara dari maslingga.com berikut ini.

1.      Tekan Tombol Start-Stop

Meskipun mobil listrik termasuk baru di tanah air, namun kehadirannya mampu membawa angin segar pada dunia otomotif. Tidak heran jika semua orang berlomba-lomba untuk segera memiliki mobil yang bergerak dengan tenaga listrik sepenuhnya.

Dari segi bentuk, mobil listrik ini tidak jauh berbeda dengan mobil konvensional hanya saja cara mengoperasikkannya yang sedikit berbeda. Cara mengendarai mobil listrik tentu mudah, pertama-tama Anda perlu menyalakan mesin mobil terlebih dahulu.

Untuk menyalakan mesin mobil listrik, Anda harus menekan tombol start-stop dan layar digital otomatis menyala. Mobil listrik tidak bersuara atau bergetar saat mesin menyala tetapi Anda hanya perlu melihat layar digital yang ada dalam mobil tersebut.

2.      Lepas Rem Tangan

Pasalnya, ada beberapa hal yang berbeda antara mobil listrik dengan mobil konvesnional yang perlu Anda ketahui. Apakah mobil listrik mengeluarkan suara? Mobil listrik tidak mengeluarkan suara dan getaran layaknya mobil konversional.

Sehingga Anda hanya perlu melihat layar digital, begitu layar menyala pertanda bahwa mesin mobil juga sudah menyalanya. Setelah itu, Anda perlu menggerakkan mobil setelah menyala dengan menurunkan tuas rem tangan atau dengan menekan tombol rem.

Tekan tombol switch rem sambil menurunkan tuas rem, selagi melakukan hal ini Anda juga harus tetap menginjak pedal rem. Cara mengendarai mobil listrik tergolong mudah tetapi juga perlu kehati-hatian saat mengendarainya agar tidak terjadi hal di luar dugaan.

3.      Pindah Tansmisi

Mengendarai mobil listrik sebenarnya memiliki berbagai manfaat baik untuk mengurangi polusi udara serta lainnya. Bahkan masyarakat di Jakarta berlomba-lomba untuk memiliki mobil listrik agar terbebas dari aturan ganjil genap.

Apakah mobil listrik bisa jarak jauh? Mobil listrik memiliki fungsi yang sama seperti mobil konvesional termasuk untuk perjalanan jarak jauh. Setiap mobil memiliki spesifikasi baterai dengan kemampuan jelajah berbeda-beda sesuai kapasitas baterai mobil listrik itu sendiri.

Setelah menurunkan tuas rem tangan, Anda juga harus menekan tombol transmisi agar berada di posisi D. Dengan posisi transmisi di D, Anda sudah bisa menggerakkan mobil listrik untuk melaju kemana saja.

4.      Pelan-pelan Menginjak Pedal Gas

Bagaimana cara mengendarai mobil listrik? Tidak jarang pertanyaan tersebut masih sering terbesit dalam benak. Bahkan tidak sedikit orang yang belum paham terkait cara mengoperasikan mobil elektrik ini dengan mudah.

Sebenarnya cara mengendarai mobil elektrik ini tidak begitu sulit dan hampir sama dengan mobil konvensional. Hanya saja, beberapa aspek sudah menggunakan cara digital tidak manuap seperti mobil konvensioanl.

Anda juga harus berhati-hati saat mengendarai mobil listrik agar tidak terjadi hal di luar dugaan nantinya. Tips mengendarai mobil eletrik yang baik tetap menjaga keamanan dengan pelan-pelan saat menginjal pedal gas.

Tips Mengoperasikan Mobil Listrik

Sebenarnya mobil listrik tidak jauh berbeda dengan mobil konvensional, hanya saja sistem penggerak kedua mobil tersebut yang berbeda. Mobil elektrik sepenuhnya menggunakan energi listrik sehingga tidak membutuhkan BBM sama sekali.

Tidak hanya mengetahui cara mengendarai mobil listrik saja, tetapi Anda juga harus mengetahui tips pengoperasian mobil listrik. Dengan begitu, akan lebih mudah mengendarai, merawat, hingga mengatasi jika terjadi masalah pada mobil elektrik.

1.      Pengisian Daya Baterai

Dalam mengoperasikan mobil listrik tentu tidak bisa secara sembarangan karena harus sesuai dengan ketentuan. Biasanya orang-orang melihat kapasitas baterai terlebih dahulu saat memilih tipe mobil listrik untuk menentukan jarak tempuh.

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memperhatikan cara pengisian dan biaya charge mobil listrik yang tepat. Tips pengisian baterai mobil listrik yang benar adalah mengisi secara penuh agar bisa menempuh jarak sejauh mungkin.

Meskipun terdapat anjuran untuk pengisian daya baterai 80% agar menjaga daya tahan, namun pengisian penuh lebih disarannya. Pengisian penuh 100% beberapa kali dalam setahun tidak akan mempengaruhi daya tahan baterai menjadi melemah atau rusak.

2.      Kecepatan

Cara mengendarai mobil listrik cukup praktis, namun Anda harus tetap memperhatian beberapa tips pengoperasiannya. Hal tersebut berguna untuk merawat dan menjaga kondisi mobil tetap bagus untuk pemakaian jangka panjang.

Selain itu, elektronik tentu tidak luput dari kekurangan atau kerusakan sehinggga dapat terjadi kapan saja. Mobil listrik sendiri terkenal memiliki propulsi ke depan secara instan dan akselerasinya cepat.

Dalam menjaga ketahanan baterai mobil listrik ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mengendarai mobil listrik. Salah satunya dengan menghindari berkendara di puataran bawah agar baterai tidak mudah boros hingga mengakibatkan kerusakan.

3.      Pengereman

Anak milenial tidak jarang menyukai dunia otomotif terutama dunia mobil yang semakin beragam. Terlebih saat ini sudah hadir mobil listrik sebagai kendaraan masa depan paling hits dengan segala fitur canggihnya.

Selain itu, harga mobil listrik yang beragam sehingga dapat menjangkau semua kalangan masyarakat untuk memilikinya. Namun, ada cara mengendarai mobil listrik hingga tips pengoperasiannya yang benar agar tidak ragu lagi.

Tips pengoperasian mobil listrik yang perlu Anda perhatikan adalah sistem pengereman pada mobil tersebut. Gunakan pengereman regeneratif ketika hendak mengerem untuk mentransfer sekaligus menjadikan hasil pengereman sebagai energi pada baterai.

4.      Penanganan Masalah

Meskipun sudah bisa mengendarai mobil konvensional, tidak jarang orang-orang masih ragu dan takut untuk mmengendarai mobil listruk. Pasalnya, ada beberapa aspek.yang berbeda pada mobil listrik ini yang terkadang membuat bingung.

Namun tenang saja, mobil listrik tidak sesulit yang Anda bayangkan dan ada beberapa tips yang bisa memudahkan dalam pengoperasiannya. Termasuk tips menangani masalah mobil listrik yang kerap membuat panik hingga merasa khawatir.

Untun mencegah masalah terjadi pada mobil listrik usahakan mengendarai secara benar dan perhatikan masalah perawatan. Servis mobil loatrik. Secara berkala guna mencegah kerusakan pada komponen, serta perhatian pengisian baterai baik secara arus hingga dayanya.

Demikian cara mengendarai mobil listrik yang benar dengan mudah termasuk tips mengoperasikan mobil tersebut. Cara tersebut tentu memudahkan Anda dalam menggunakan mobil listrik untuk bepergian sehari-hari tanpa perlu merasa bingung lagi.

About Author: Mas Lingga

Gravatar Image
Seorang imers yang tinggal di Yogyakarta. Saat ini, aktivitas penulis sebagai internet marketer yang berfokus pada Facebook ads, pembuatan website. Dalam mengembangkan pemahaman ilmu digital marketing, penulis mendalami dunia search Engine Optimation (SEO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.