Sebelum Bikin Mobil Listrik Sendiri Pertimbangkan Beberapa Hal Penting Ini

by -304 Views
Bikin Mobil Listrik

Penggunaan mobil listrik bisa mengurangi polusi udara dan pengupayaan dalam mewujudkan lingkungan yang hijau. Sayangnya, penggunaan mobil listrik, khususnya di Indonesia belumlah maksimal. Tentu masih terganjal biaya. Namun, sebenarnya ada cara lain agar Anda bisa memiliki mobil listrik yaitu dengan bikin mobil listrik sendiri.

Beberapa Pertimbangan Penting Sebelum Bikin Mobil Listrik Sendiri

Memang mobil listrik bisa Anda bikin sendiri. Buktinya, sudah ada beberapa mobil listrik buatan Indonesia yang sudah dibuat sebelumnya. Tentu hal tersebut tidak ada yang tidak mungkin jika Anda ingin bikin mobil listrik sendiri.

Namun, tentu ada beberapa pertimbangan yang penting yang harus Anda perhatikan sebelum Anda bikin atau membuat mobil listrik sendiri. Nah, di bawah ini ada daftar yang berisi beberapa hal penting yang Anda harus pertimbangkan sebelum membuat mobil listrik.

1.      Biaya Pembuatan Mobil Listrik

Hal utama yang harus Anda perhatikan sebelum membuat mobil listrik sendiri adalah masalah biaya. Bisa saja biaya untuk membuat mobil listrik tidak sebesar membeli mobil listrik. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan biaya untuk membuat mobil listrik sendiri justru lebih besar.

Kenapa begitu? Ada beberapa komponen yang perlu Anda butuhkan untuk membuat mobil listrik, seperti baterai, motor traksi, controller, inverter daya, dan lainnya. Tentu saja, biaya untuk membeli atau membuat komponen tersebut tidaklah sedikit. Belum lagi biaya pembuatan kerangka mobil dan lain sebagainya.

Apalagi, ada beberapa komponen yang harganya cukup mahal. Salah satunya adalah baterai mobil listrik. Bayangkan saja, pada mobil listrik yang tersedia di pasaran saja, harganya bisa 30-40 %, bahkan ada yang 60% dari harga jualnya. Lalu, kira-kira berapa biaya yang Anda butuhkan untuk membeli baterai mobil listrik?

Untuk itu, sebelum membuat mobil listrik, research terlebih dahulu harga-harga komponen serta biaya untuk proses pembuatannya sendiri. Sehingga, sangat disarankan agar Anda memiliki biaya yang cukup sebelum membuat mobil listrik sendiri.

2.      Perhatikan Komponennya

Komponen mobil listrik juga harus Anda perhatikan dan pertimbangkan sebelum bikin mobil listrik sendiri.  Dalam hal ini, bukan hanya soal biaya saja, melainkan Anda harus tahu di mana Anda harus membeli semua komponen untuk membuat mobil listrik. Jika ada beberapa komponen yang bisa Anda buat sendiri, pastikan Anda sudah mengetahui caranya dengan benar, dan pastikan keamanannya.

Selanjutnya, pastikan komponen yang Anda beli adalah komponen atau barang yang asli. Di mana harus ada garansinya. Ketahanan komponen, khusunya baterai juga perlu Anda perhatikan.

Bukan hanya itu saja, Anda juga perlu tahu kegunaan dari semua kompenen mobil listrik. Hal ini tentu saja karena semua komponen mobil listrik akan memengaruhi kinerja atau performa dari mobil listrik yang Anda bikin nanti.

3.      Baterai yang Anda Pasang pada Mobil Listrik

Baterai adalah komponen yang paling penting pada mobil listrik. Maka, tak heran jika baterai disebut sebagai jantungnya mobil listrik. Di mana peranan baterai sangat penting untuk menunjang performa dari mobil listrik. Untuk itu, jika Anda ingin bikin mobil, Anda harus mempertimbangkan jenis baterai mobil listriknya.

Ada beberapa jenis baterai mobil listrik, tetapi baterai jenis lithium-ion (Li-on) yang banyak digunakan untuk mobil listrik. Baterai yang cenderung ringan dengan  energi yang sangat efisien ini, menjadi salah satu keunggulan dari baterai ini, dan membuat baterai ini menjadi pilihan terbaik.

Untuk pemilihan baterainya, Anda juga harus memikirkan kapasitas dari baterai yang Anda pilih. Dengan Anda mengetahui kapaitas dari baterainya, Anda jadi tahu jarak tempuh maksimal dari mobil listrik yang Anda buat.

Kemudian, Anda juga jadi tahu untuk satu kali pengisian daya, mobil bisa menempuh jarak sejauh berapa km. Sehingga, saat Anda akan melakukan perjalanan yang cukup jauh, Anda bisa mengisi daya baterainya sebelum Anda menggunakannya.

Tak ketinggalan, perhatikan masa garansi dan usia pemakaian dari baterai mobil listrik yang Anda beli. Informasi mengenai usia pemakaian baterai bisa menjadi batas maksimal penggunaan penggunaan garansi.

Bila suatu saat nanti terjadi masalah pada baterai dan masih dalam usia pemakaian yang ditawarkan, garansi masih berlaku. Anda tinggal melakukan klaim garansi tersebut dengan mudah.

4.      Daya Listrik di Rumah

Pertimbangan sebelum membuat mobil listrik sendiri berikutnya adalah kapasitas dari daya listrik rumah Anda. Tentu, hal ini sangat penting supaya saat mobil listrik yang Anda buat sendiri sudah jadi, Anda bisa mengisi baterainya tanpa ada kendala.

Oleh karena itu, sebelum membuat mobil listrik sendiri, pastikan daya listrik atau voltase pada rumah Anda cukup. Misalkan, daya listriknya kok tidak bisa mendukung untuk pengisian daya baterai, Anda bisa menaikkan daya listrik rumah Anda.

Satu hal yang perlu Anda ingat, kapasitas baterai sangat memengaruhi kapasitas daya listrik pada rumah Anda. Walaupun begitu, sangat disarankan bahwa kapasitas daya listrik rumah Anda di atas kapasitas baterai mobil listrik yang Anda pilih.

5.      Stasiun Pengisian

Mengcharge mobil listrik juga bisa Anda lakukan di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) baik milik Pertamina maupun PLN. Jadi, sebelum Anda bikin mobil listrik, Anda harus tahu stasiun pengisian atau SPKLU yang ada di sekitar rumah Anda serta di berbagai tempat.

Ini bertujuan agar saat Anda mengendarai mobil listrik Anda, dan baterai atau mobil perlu dicharge, Anda bisa langsung datang ke SPKLU terdekat. Ingat ya, jika memungkinkan pilih slow charging atau standar charging, supaya baterai bisa awet.

6.      Proses Pembuatan Mobil Listrik

Sebelum Anda membuat mobil listrik sendiri, Anda harus mengetahui, dan memahami langkah-langkah atau proses pembuatan mobil listrik dengan baik. Jika Anda sudah tahu dan paham betul proses pembuatannya, maka Anda tidak akan menemukan kesulitan saat membuat mobil listrik sendiri. Kalau pun ada kesulitan, prosentase kemungkinannya sangat kecil, dan pasti bisa langsung Anda tangani dengan cepat.

Alangkah baiknya, sebelum Anda mulai membuat atau merakit mobil listrik, Anda lihat terlebih dahulu tutorialnya, di media sosial, seperti Youtube. Lalu, jangan lupa catat semua hal yang diperlukan dan penting menurut Anda. Sehingga, tidak hal yang terlupakan.

7.      Perawatan Mobil Listrik

Tidak ada salahnya, bagi Anda yang ingin membuat mobil listrik mengetahui tentang perawatan mobil listrik. Diharapkan dengan Anda mengetahui cara merawat mobil listrik yang benar, performa atau kinerja mobil listrik Anda tetap terjamin.

Berikutnya, komponen-komponen mobil listrik tetap terjaga dengan baik, khususnya baterai. Yang mana jika Anda merawat mobil listrik dengan baik, artinya Anda juga bisa merawat baterai dengan baik.

Apa sih dampak dari Anda merawat baterai dengan baik dan tentunya benar? Merawat baterai mobil listrik dengan baik dan benar akan membuat usia pemakaian baterai lebih panjang atau dengan kata lain baterai mobil listrik Anda akan awet. Ini artinya Anda bisa menghemat pengeluaran Anda karena harga baterai mobil listrik tergolong mahal.

Demikianlah beberapa pertimbangan dari mas lingga yang harus Anda pikirkan dan perhatikan dengan matang sebelum Anda terjun untuk bikin mobil listrik sendiri. Nah, apakah Anda yang berniat membuat mobil listrik sendiri sudah mempertimbangkan ketujuh hal penting di atas?

About Author: Mas Lingga

Gravatar Image
Seorang imers yang tinggal di Yogyakarta. Saat ini, aktivitas penulis sebagai internet marketer yang berfokus pada Facebook ads, pembuatan website. Dalam mengembangkan pemahaman ilmu digital marketing, penulis mendalami dunia search Engine Optimation (SEO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.