Mengenal Keunggulan Mobil Listrik Buatan Indonesia, Hyundai IONIQ 5

by -262 Views
mobil listrik buatan Indonesia

Sekarang ini, sebagian orang tertarik untuk beralih dari mobil konvensional ke mobil listrik. Pasalnya, mereka menyadari bahwa mobil listrik memiliki peranan yang besar untuk mewujudkan dunia yang lebih bersih dan hijau. Nah, apakah Anda juga tertarik untuk memiliki atau beralih ke mobil listrik? Jika iya, Anda bisa beralih ke mobil listrik buatan Indonesia, yang bernama Hyundai IONIQ 5.

Keunggulan Hyundai IONIQ 5, Mobil Listrik Buatan Indonsia

Sejak peresmian dan perilisan Hyundai IONIQ 5 di Indonesia International Motor Show (IIMS), di Jakarta pada 31 Maret 2022 lalu, Hyundai IONIQ 5, telah menyedot perhatian banyak orang. Hal ini karena Hyundai IONIQ 5 adalah mobil listrik buatan Indonesia pertama yang diproduksi dan dipasarkan secara massal. Dalam hal ini, mobil listrik yang satu ini diproduksi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Bukan hanya itu saja, keunggulan dari Hyundai IONIQ 5 sendiri juga menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga, banyak orang yang tertarik dan berkeinginan untuk memilikinya.

Nah, kira-kira apa saja sih keunggulan Hyundai IONIQ 5 ini?

1.      Ada Portable Charger

Jika Anda membeli mobil listrik dari Hyundai ini, Anda akan mendapatkan portable charge. Di mana dengan portable charge Anda bisa mengisi daya baterai mobil listrik Anda di rumah saja, tanpa perlu pergi ke SPKLU.

Mengisi daya baterai di rumah pun, Anda tidak perlu memasang wall charger yang mungkin membutuhkan waktu. Saat Anda ingin charge baterai mobil listrik Hyundai IONIQ 5 ini, Anda  hanya mencolokan saja ke stop kontak yang ada di rumah. Portable charge juga bisa Anda bawa ke mana pun Anda pergi dengan mengendarai mobil listrik buatan Indonesia ini.

2.      Pengisian Daya yang Super Cepat

Selain menggunakan portable charger, Anda  bisa mengisinya charger station milik Hyundai yang biasanya ada di dealer atau tersebar di berbagai tempat. Pengisian daya di charger station ini, tidak sama dengan portable charger yang membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya.

Sebelum mengisi baterai di charger station, siapkan dana untuk biaya charge mobil listrik.

Di charger station hanya ada tipe DC fast charging untuk pengisian daya. Meskipun fast charging, kecepatan pengisiannya tergantung dengan daya listrik dari charger station dan tipe baterainya. Siapkan dana untuk biaya charge mobil listrik

Perlu Anda ketahui, ada dua tipe baterai dan dua tipe daya listriknya. Untuk tipe baterainya yaitu standard dengan daya 58.000 watt dan long range memiliki daya 72.000 watt. Sedangkan daya listrik di charger station yaitu 50 KW dan 350 KW.

Nah, jika baterai mobil listrik yang Anda gunakan standard, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan daya listrik 50 KW. Masih dengan daya listrik yang sama, Anda hanya membutuhkan sekitar 56 menit untuk baterai tipe long range. Namun, itu hanya berlaku untuk pengisian daya sampai 80%..

Selanjutnya, pengisian daya di charger station dengan daya listrik 350 KW, durasi yang Anda butuhkan untuk menunggu daya terisi kembali hingga 80% adalah sekitar kurang lebih 18 menit saja. Durasi tersebut berlaku untuk kedua tipe baterai ya.

3.      Desain Eksterior yang Unik

Keunggulan lain dari mobil listrik Hyundai IONIQ 5 buatan Indonesia adalah desain eksteriornya.  Di mana mobil listrik dari Hyundai ini memilki desain eksterior yang bergaya paramatric pixel yang mana perpaduan antara nuansa analog dan pixel digital yang memberi kesan orisinil dan tak lekang oleh waktu.

Lalu, pada bagian samping, memiliki desain paramatic dynamic yang menggabungkan sisi depan, dan belakang. Sehingga, mobil ini terlihat unik, karena pintu mobil pada baris pertama dan kedua seolah seperti garis lurus memanjang yang menyatu.

Ditambah dengan desain paramatic pixel pada LED rear combination lamp dengan bentuk spoiler yang aerodinamis pada sisi atau bagian belakang mobil. Dengan begitu, bagian belakang tersebut bisa menjadi salah satu ciri khas dari mobil Hyundai IONIQ 5 ini.

4.      Interior Luas dengan Seats yang Nyaman dan Premium

Dalam interior yang luas, Hyundai IONIQ 5 memiliki 5 kursi yang berkualitas premium. Bukan hanya itu saja, kursi tersebut juga bisa memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpangnya. Dalam hal ini kursi tersebut dikenal dengan premium relaxation seats.

Kenyamanan yang pengemudi dan penumpang dapatkan karena pada premium relaxation seats ini, ada fitur power adjustable hingga height adjuster. Di mana fitur tersebut memberikan kemudahan bagi mereka untuk mengatur posisi kursinya sesuai dengan tingkat kenyamanan yang mereka inginkan.

5.      Materialnya Ramah Lingkungan

Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 ini memang sangat pantas disebut sebagai mobil yang ramah lingkungan. Penyebabnya bukan hanya sumber energinya saja, tetapi juga semua material dari mobil buatan Indonesia ini terbuat dari material yang ramah lingkungan.

Kursi atau jok kulit pada mobil yang berwarna hitam terbuat dari minyak alami biji rami yang melalui proses ramah lingkungan. Selanjutnya, tutup atau cover joknya, dan trim pintu terbuat benang dari hasil proses daur ulang botol plastik.

Selain itu, cover klakson, switch, steering wheel, door tri, dan lainnya berasal dari campuran biji bunga dan jagung yang tentunya sudah melalui proses yang ramah lingkungan. Cat yang digunakan pun dari bahan alami yang sudal melalui proses ekstraksi.

Tidak hanya itu, headlining, dan karpet mobil serta material magnetik lainnya terbuat dari serat dan benang yang berasal dari tanaman atau pohon tebu.

6.      Adanya Eksklusif E-GMP

Tersedianya eksklusif E-GMP (Electric Global Modular Platform) merupakan salah satu keunggulan dari mobil listrik asal Indonesia ini. E-GMP pada Hyundai IONIQ 5 mampu memberikan manfaat yang besar dalam berkendara. Manfaat tersebut meliputi, meningkatkan performa, pengisian daya pada baterai yang cepat, meningkatkan jarak tempuh, meningkatkan kabin dan garasi yang besar, hingga pengikatan fitur keselamatan.

7.      Memiliki Berbagai Fitur Canggih

Adanya berbagai fitur canggih mungkin sebagai penutup dari keunggulan Hyundai IONIQ 5. Adapun fitur canggih pada mobil listrik yang satu ini adalah smartsense, Lane Keeping Assist & Lane Following Assist (LKA & LFA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), dan vehicle to load (V2L). Yang mana fitur tersebut memiliki fungsi masing-masing.

Fitur smartsense berfungsi untuk memberikan efek keamanan, khusunya untuk pengemudi saat berkendara. Pasalnya, pada smartsense ini juga memiliki fitur berupa Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang berfungsi sebagai alarm atau peringatan saat adanya potensi tabrakan. Fitur ini juga bisa mengerem secara mendadak jika sensornya menandakan akan terjadi tabrakan.

Berikutnya, fitur Lane Keeping Assist & Lane Following Assist (LKA & LFA) juga bisa membuat aman saat berkendara. Fitur yang satu ini bisa membantu Anda tetap pada marka jalan.

Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) bisa menghindarkan Anda dari tabrakan beruntun maupun benturan saat berkendara. Alasannya, fitur ini bisa mendeteksi kendaraan yang berada persis di belakang Anda.

Terakhir, vehicle to load (V2L). Fitur vehicle to load (V2L), ini berfungsi sebagai portable charger atau power bank untuk kendaraan listrik lainnya maupun berbagai perangkat elektronik.

Anda bisa menggunakan fitur canggih ini untuk mengisi daya pada ponsel ini. Saat listrik rumah Anda mati, Anda juga bisa menghidupkan berbagai alat elektronik atau peralatan rumah tangga lainnya yang membutuhkan listrik untuk menyalakannya.

Saat kendaraan listrik lain mogok di jalan karena kehabisan daya baterai, Anda pun bisa membantunya dengan mengisikan daya baterainya menggunakan fitur ini.

Banyak bukan keunggulan dari Hyundai IONIQ 5 ini? Dari berbagai keunggulan yang telah dijelaskan di atas, sangat tepat bukan untuk beralih ke mobil listrik buatan Indonesia yang satu ini?

About Author: Mas Lingga

Gravatar Image
Seorang imers yang tinggal di Yogyakarta. Saat ini, aktivitas penulis sebagai internet marketer yang berfokus pada Facebook ads, pembuatan website. Dalam mengembangkan pemahaman ilmu digital marketing, penulis mendalami dunia search Engine Optimation (SEO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.