Simak Proses Pembuatan Mobil Listrik Jika Berencana Membuat Mobil Listrik Sendiri

by -273 Views
Proses Pembuatan Mobil Listrik

Kini, mobil listrik yang terkenal sebagai mobil yang ramah lingkungan sangatlah menarik perhatian banyak orang. Tak heran banyak produsen mobil di Indonesia mengeluarkan atau memproduksi mobil listrik. Namun, tahukah Anda, bahwa Anda tidak perlu membeli mobil listrik untuk memilikinya, melainkan Anda bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti proses pembuatan mobil listrik.

Proses Pembuatan Mobil Listrik

Membuat mobil listrik sendiri atau berkelompok tentu saja tidaklah mudah. Pasalnya, membuat mobil listrik butuh persiapan yang matang serta waktu dan proses yang cukup panjang. Meskipun demikian, Anda janganlah patah semangat jika Anda memiliki cita-cita atau keinginan membuat mobil listrik sendiri agar Anda bisa ikut mewujudkan kegiatan go green.

Nah, jika Anda ingin sekali membuat mobil listrik sendiri, Anda bisa menyimak penjelasan dari https://maslingga.com/ dan mengikuti proses pembuatan mobil listrik berikut ini.

1.      Membuat Perencanan

Langkah atau proses awal yang harus Anda lalui untuk membuat mobil listrik adalah membuat perencanaan. Pada proses yang satu ini, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Pertama, Anda harus memiliki ide mengenai model mobil listrik yang Anda ingin buat.

Ide tersebut tentu jangan hanya stuck di otak saja. Tuangkanlah ide tersebut ke dalam coretan kertas yang nantinya bisa menjadi sebuah desain. Desain tersebut harus Anda buat dengan spesifik.

Yang harus ada pada desainnya yaitu tentu saja model mobilnya. Buatlah model mobil listrik seunik mungkin, sehingga modelnya berbeda dari mobil listrik yang lainya. Selain itu, Anda harus mencantunkan dimensi dari mobil listrik yang akan Anda buat.

Jangan lupa juga, cantumkan dengan jelas dimensi tempat duduk penumpangnya. Untuk kursi pengemudi, tentukan jarak yang aman dengan kemudi, dan pijakan yang ada di bawah seperti pijakan pedal untuk gas dan rem.

2.      Membeli Material dan Alat yang diperlukan

Step atau langkah pembuatan mobil listrik selanjutnya adalah melakukan pembelian material atau bahan yang berupa komponen mobil listrik serta material pendukung lainnya. Beli juga alat yang Anda perlukan dalam membuat atau merakit mobil listrik.

Sebelum belanja bahan dan alat yang diperlukan, Anda tentu harus melakukan riset terlebih dahulu. Cukup banyak riset yang harus Anda lakukan. Salah satunya adalah material yang cocok untuk pembuatan mobil listrik. Sehingga, nantinya Anda bisa membuat kerangka yang kokoh, body mobil yang bagus dengan bobot yang tidak begitu berat.

Lakukan riset juga tentang bagaimana kerangka yang kokoh. Tak lupa, cari tahu kinerja suspensi, rem, dan sistem penggeraknya. Terakhir, lakukan riset mengenai pengecatan atau finishing pembuatan mobil listrik.

Dengan melakukan semua riset tersebut, Anda bisa mencari dan belanja komponen dan bahan lainnya yang cocok, aman dan berkualitas. Jadi, Anda tidak akan salah beli nantinya.

3.      Membuat Kerangka

Proses selanjutnya adalah membuat kerangka. Ada baiknya, buatlah kerangka secara manual, jangan menggunakan kerangka mobil lainnya atau konvensional. Hal ini agar Anda bisa seusaikan dengan desain yang telah Anda buat.

Pembuatan kerangka sendiri bisa Anda lakukan dengan cara melakukan pemotongan atau penggergajian bahan yang telah Anda sesuaikan dengan ukuran yang tertera pada desain. Lalu, bentuklah bahan yang telah Anda potong dan ukurlah lagi. Berikutnya, Anda bisa rakit semua potongan yang Anda telah ukur dan bentuk. Terakhir, lakukan penggerindaan.

4.      Membuat Suspensi, Sistem Pengeraman, dan Kemudi

Membuat mobil listrik juga harus ada step membuat suspensi depan dan belakang. Suspensi ini yang membuat nyaman dalam berkendara baik untuk si pengemudi maupun penumpang. Pasalnya, suspensi adalah komponen yang bisa meredam getaran ketika mobil berjalan dan bisa membuat mobil berjalan dengan stabil.

Untuk itu, proses pembuatan suspensi ini harus menggunakan jenis suspensi yang cocok. Pada suspensi roda bagian depan, Anda bisa menggunakan double wishbone yang mana memiliki dua lengan untuk menopang sistem suspensi yang membuat mobil bisa berjalan stabil.

Sedangkan untuk roda bagian belakang, Anda bisa menggunakan juga bisa jenis suspensi double wishbone, ataupun swing arm, dan suspensi chasis terpisah.

Bagian kemudi, Anda bisa menggunakan model rack dan pinion. Adapun komponen yang perlu Anda gunakan meliputi satring calom, tie rod, tie rod and beserta kelengkapan yang lainnya.

Lalu, bagaimana dengan pembuatan sistem pengeremannya? Tenang aja, supaya Anda tidak menemukan kesulitan yang besar, Anda bisa membuat sistem pengereman yang mudah, dengan mengunakan disk brake yang biasa diaplikasikan pada sepeda motor.

5.      Pemasangan Motor Penggerak serta Daya Motor Penggerak

Motor penggerak pada mobil listrik adalah komponen yang mampu mengubah energi listrik yang berasal dari baterai mobil listrik menjadi menjadi energi gerak. Komponen yang satu ini bisa membuat mobil listrik dengan kecepatan yang Anda inginkan.

Ada beberapa motor penggerak yang bisa Anda pasang pada mobil listrik. Jenisnya tentu sesuai dengan kecepatan yang Anda inginkan. Sebagai contoh, jika Anda ingin mobil listriknya memiliki kecepatan 40 hingga 50 km/jam, Anda bisa memilih untuk menggunakan motor penggerak BLDC 500W.

Di sisi lain, Anda yang ingin mobil listrriknya memiliki kecepatan  55 sampai 60 km/jam, motor penggeraknya masih sama yaitu BLDC, tetapi pilihan dayanya yang berbeda. Gunakannya motor penggerak BLDC 1 Kw atau 2 Kw.

Sedangkan, untuk kecepatan yang lebih tinggi, seperti 65 sampai 75 km/jam, maka pilihlah motor penggerak berdaya 3 Kw.

Perlu Anda ketahui, banyaknya motor penggerak BLDC yang Anda gunakan tergantung bobot atau berat dari mobil listriknya sendiri. Perhitungannya, bobot 100 kg mampu ditopang dengan 1 motor penggerak.

6.      Sistem Kelistrikan Mobil

Meskipun masih dalam bentuk kerangka dan belum ada body mobil yang sebenarnya, pastinya semua komponen sudah terpasang. Tidak ada salahnya Anda memasang sistem kelistrikan atau rangkaian kelistrikan agar komponen yang ada dalam mobil bisa menyala.

Pemasangan sistem kelistrikan pada mobil bisa menggunakan kabel body kendaraan bermotor dan bahan serta alat lain yang membuat sistem kelistrikan terpasang dengan benar dan aman. Sehingga sistem kelistrikan bisa berfungsi dengan baik.

7.      Membuat dan Memasang Body Mobil

Proses bikin mobil listrik selanjutnya adalah membuat dan memasang body mobil. Tujuan pembuatan dan pemasangan body mobil terletak pada bagian akhir adalah agar Anda bisa membuat body mobil dengan ukuran yang tepat.

Dengan begitu, dalam proses pemasangannya, semua bagian baik kerangka dan komponennnya tercover oleh body mobil yang Anda pasang. Ingat, pasang dengan rapi ya.

8.      Proses Pengecatan

Ternyata masih ada proses dalam pembuatan mobil listrik. Namun, tenang saja, proses ini adalah proses yang terakhir, yaitu proses pengecatan. Karena terletak pada bagian akhir, untuk itu proses ini bisa Anda lakukan saat semua proses telah Anda lakukan.

Anda bisa memilih warna cat sesuai dengan keinginan Anda. Kemudian, Anda pun bisa memadukan beberapa warna atau menggunakan beberapa warna dalam proses pengecatan, tetapi ingat ya, cat dengan rapi agar terlihat bagus dan estetik.

Nah, itualah beberapa proses pembuatan mobil listrik yang perlu Anda lalui. Semoga, langkah-langkah pembuatan mobil listrik di atas bisa bermanfaat dan menjadi refensi untuk Anda yang ingin membuat mobil listrik sendiri.

About Author: Mas Lingga

Gravatar Image
Seorang imers yang tinggal di Yogyakarta. Saat ini, aktivitas penulis sebagai internet marketer yang berfokus pada Facebook ads, pembuatan website. Dalam mengembangkan pemahaman ilmu digital marketing, penulis mendalami dunia search Engine Optimation (SEO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.